Beli Kaca Tempered? Ketahui Ciri Aslinya!

Beli Kaca Tempered? Ketahui Ciri Aslinya!

Kaca sejatinya sudah lama ditemukan oleh manusia, hal ini dibuktikan dengan banyaknya beberapa bangunan kuno yang telah memanfaatkan material tersebut. Kaca setelah menjadi bahan yang dinilai sangat unik karena memiliki karakteristik transparan sehingga cahaya dapat tertembus. Beberapa benda yang berposisi di belakang kaca mampu terlihat secara detail dan jelas. Dengan adanya kaca pula, maka kesan kemewahan juga akan hadir karena dapat mengkilaukan cahaya. Hanya saja, kaca juga memiliki sifat getas yang menjadikannya mudah memiliki resiko untuk pecah. 

Oleh sebab itu, manusia pun terus berusaha untuk mencari solusi dan menemukan suatu kaca yang lebih kokoh dan sulit untuk pecah. Itulah mulai digagas sebuah produk kaca tempered. Usut punya usut, kaca tersebut memiliki tingkat kekuatan yang sangat tinggi. Bahkan saking kuatnya, kaca ini banyak digunakan dalam railing anak tangga serta dinding. Kekuatan kaca tempered tersebut tak lain berkat material komposisinya yang terdiri atas beberapa bahan khusus yang diproduksi dengan cara khusus juga. Hal lain yang membuat kaca tempered istimewa yaitu beberapa partikel nya memiliki wujud butiran ketika pecah, sehingga inilah yang menyebabkan kaca tempered lebih aman. 

Prinsip dasar dalam produksi kaca tempered telah lama dikenal semenjak abad ke-17. Walau di masa tersebut tingkat kekuatan kaca yang diproduksi tidak sebanding dengan sekarang, akan tetapi kaca pecah tersebut nantinya akan berubah menjadi butiran, bukan kepingan. Selanjutnya penelitian yang dilakukan oleh Perancis Francis de la Bastie mengungkapkan bahwa kaca yang dipanaskan lalu didinginkan secara berulang-ulang kali, tentu berubah menjadi butiran kecil yang aman apabila pecah. Sementara toko yang yang berperan sebagai pemegang hak paten terhadap produksi kaca tempered pertama kali Rudolf Seiden, ialah seorang ahli kimia asal Austria. 

Baca juga: Perbedaan Kaca Bening, Kaca Laminasi Dan Kaca Tempered

Saat ini, kaca tempered yang banyak digunakan dalam menghasilkan kesan yang serba futuristik dalam suatu bangunan. Terbukti, kaca ini jauh lebih aman apabila dibandingkan dengan kaca biasa karena tingkat kekuatannya jauh lebih unggul. Meskipun kaca temperatur unggul, namun terdapat jenis kaca lain yaitu kaca laminated. Kaca ini terbuat dari 2 lembar kaca tempered yang disatukan. Inilah yang membuat tingkat kekuatannya begitu lebih tinggi sebab lapisannya terdiri atas lebih dari satu. 

Lantas seperti apakah cara memilih kaca tempered yang asli di pasaran? Berikut ini kami ulas informasinya untuk Anda sehingga Anda tidak akan salah beli kaca tempered yang asli. Hal ini bisa anda lakukan pada situs kami, yakni di KacaTempered.co.id 

Kaca tempered asli seringkali dilabeli dengan tulisan TEMPERED. Label tersebut seringkali diletakkan pada bagian pojok kiri atau kanan. Sejumlah produsen juga sering menampilkan nama perusahaannya lengkap dengan logo pada bagian samping labelnya. Karena diproduksi ketika proses pemanasan kaca yang mengandalkan cat khusus, maka wajar apabila label sangat sulit untuk dihapus. 

Kaca tempered yang terkena paparan sinar matahari langsung akan mengeluarkan garis-garis yang samar pada permukaannya. Sementara apabila ditinjau dari sudut pandang 45 derajat, maka akan tampak warna serupa pelangi. Hal ini terjadi dikarenakan proses pembuatan dari kaca tempered dilaksanakan dengan melakukan penggesekan bahan baku dalam roll ceramic. 

Kaca tempered yang dilengkapi dengan sorotan lampu, maka cahaya lampu tersebut tidak akan menampilkan bentuk lurus. Cahaya lampu yang terpantul pada permukaan kaca tempered seolah-olah terlihat bengkok. Istilah ini biasanya disebut dengan efek wrapping, yang mana kaca akan terlihat seakan tidak lurus. Sebab sebagaimana kita ketahui bahwa kaca tempered memiliki ketebalan yang cukup tinggi. 

Kaca tempered yang pecah akan menjadi pecahan-pecahan berupa butiran kecil dan tidak tajam. Ukurannya sekitar kuku jari tangan manusia. Hal tersebut terjadi dikarenakan kekuatan tarik dan kekuatan tekanan yang dimiliki oleh gajah dan berat berbeda. Pastinya ini sangat berbeda apabila dibandingkan dengan kaca biasa yang apabila dipecahkan menjadi kepingan yang yang sangat tajam dan membahayakan kulit manusia. 

Kaca tempered memiliki daya tahan hingga 3 sampai 5 kali lebih kuat daripada kaca biasa. Apabila Anda penasaran, tidak ada salahnya jika anda membuktikan sendiri dengan memukul permukaan kaca tempered tersebut. Namun, pastikan anda menggunakan kaca tempered bekas sebagai bahan percobaan.