Apakah Kaca Tempered Bisa Dipotong dengan Gergaji?

Seperti halnya kita ketahui bahwa kaca tempered merupakan jenis kaca yang dikeraskan. Kaca ini juga satu dari sekian jenis kaca pratekan. Biasanya, kaca diproduksi melalui proses metode fisik untuk meningkatkan kekuatannya.

Dengan begitu maka permukaan kaca dalam menahan tekanan dapat meningkat dengan baik. Begitu pula dengan daya dukungnya. Sehingga kaca tempered pun memiliki sejumlah kelebihan yang dibandingkan dengan kaca-kaca lain, di antaranya yaitu 

  • Kuat, kaca tempered tidak sekedar kuat saja, namun juga mampu menahan angin kencang pada saat terjadi badai sehingga dapat meningkatkan keamanan rumah. 
  • Tidak membahayakan, apabila kaca tempered pecah maka pecahan tersebut berbentuk partikel tumpul kecil yang tidak membahayakan kulit manusia. 
  • Stabilitas thermal baik, diakui kaca tempered memiliki stabilitas termal yang unggul jika dibandingkan dengan kaca biasa, tak heran jika kaca ini mampu menahan suhu hingga 110°. 

Dari paparan di atas, lantas apakah kaca tempered bisa dipotong menggunakan alat gergaji? Secara umum kaca tempered dipotong menggunakan laser atau mesin. Namun jika cara pemotongannya dilakukan cara menggunakan metode konvensional, maka hasil yang didapat adalah kekuatan tekan dari tepi kaca menurun. Meski begitu, dewasa ini telah muncul cara pemotongan kaca tempered terbaru.

Yakni dengan memotong bagian depan dan belakang kaca yang diberi lapisan film pelindung tahan asam, kemudian taburkan cairan korosif pada kedua sisinya setelah 60 menit pasca pemotongan kaca tempered. Diyakini cara pemotongan ini tidak mengakibatkan kaca tempered retak sehingga tingkat kekuatan tekannya tidak berkurang sama sekali.

Baca juga: Sejarah dan Perkembangan Produksi Kaca Tempered