Apa itu Kaca Tempered?

Apa itu Kaca Tempered?

Kaca tempered merupakan kaca yang telah mengalami proses pengerasan dengan memanaskan kaca biasa hingga memperoleh suhu kurang lebih 700 derajat Celcius, setelah itu kaca dipanaskan kembali untuk selanjutnya masuk pada proses pendinginan yang dilakukan secara mendadak. Dari proses inilah terjadi suatu perubahan fisik terhadap kaca yang diakibatkan oleh perubahan gaya tekan serta gaya tarik di dalamnya, namun secara tampilan tetap sama tidak ada perubahan sama sekali. 

Sehingga, apakah tujuan dari penggunaan kaca tempered ini? Sejatinya kaca jenis tempered seringkali digunakan ada beberapa komponen bangunan seperti dinding kaca, pintu, dinding batas kaca, elevator, eskalator, tangga dan masih banyak lagi. Adapun pada furniture, seringkali diaplikasikan pada lemari kaca, meja kaca dan lain sebagainya. 

Disamping itu, terdapat berbagai hal unik seputar kaca tempered yang mungkin belum Anda ketahui. Diantaranya yaitu kaca tempered ini memiliki tingkat kekuatan yang sangat tinggi, akan tetapi itu tidak serta-merta diasumsikan bahwa kaca tersebut tidak bisa dipecahkan. Kaca tempered ini memiliki tingkat ketahanan benturan 5 kali lebih kuat daripada kaca biasa, namun akan lain ceritanya apabila kaca tersebut mengalami goresan. Tentu saja kaca biasa akan mudah sekali pecah apabila terkena goresan yang dalam, walaupun tidak secara langsung. Kaca yang tergores akan mudah pecah seiring berjalannya waktu. Memunculkan sebuah retakan kecil pada kaca tersebut dan menyebar ke seluruh bagian yang lain sampai akhirnya kaca biasa benar-benar pecah. 

Kaca tempered memiliki tingkat keseimbangan yang unggul, baik dari segi daya tarik maupun kekuatannya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk memodifikasi bentuk kaca tempered dengan cara memotongnya pasca dilakukan tahap penempaan. Pastikan anda menentukan spesifikasi dan dimensi yang dibutuhkan sedari awal.

Dalam hal perawatan, kaca tidak membutuhkan proses yang begitu sulit. Sama seperti halnya Anda membersihkan kaca jendela rumah pada umumnya, yaitu cukup butuhkan sabun pembersih kaca dan kain kering.