4 Hal Penting Sebelum Dirikan Balkon Kaca Tempered

Untuk Anda yang saat ini memiliki rumah dua lantai, hampir dipastikan Anda tentu saja tertarik untuk mendirikan suatu balkon kecil di halaman depan atau bisa juga belakang rumah. Walau balkon berukuran kecil, namun manfaat yang dihadirkan sangat banyak sekali. Dalam balkon inilah para penghuni dapat duduk dengan santai sembari menikmati pemandangan di ketinggian dan aliran semilir angin. Area outdoor tersebut juga dapat digunakan sebagai tempat berolahraga pagi, bahkan ada pula yang menggunakan sebagai tempat penjemuran pakaian. 

Rata-rata railing balkon dibuat dari stainless steel, besi, kayu, aluminium atau bisa juga cor. Akan tetapi, anda tidak harus selalu menggunakan beberapa bahan tersebut karena anda dapat mengkreasikan sendiri dengan bahan yang berbeda, yaitu kaca tempered. Balkon yang komposisinya dari kaca pastinya akan menghadirkan nilai estetika yang lebih tinggi dan memberikan kesan modern. Sisi pandang akan menjadi lebih lebar, sehingga para penghuni menjadi lebih leluasa tatkala menikmati indahnya pemandangan di ketinggian. 

Lantas, apakah railing kaca aman? Sudah jelas, pastinya aman. Ini dikarenakan kaca yang digunakan bukanlah jenis yang sembarangan, akan tetapi kaca yang benar-benar telah teruji kekuatannya, yaitu kaca tempered. Diyakini dengan menggunakan kaca tempered maka Railing balkon akan kuat terhadap goresan, goncangan, terpaan cuaca panas atau hujan dan sangat kuat terhadap benturan. 

Jika Anda saat ini tertarik untuk menggunakan kaca tempered sebagai railing balkon, maka terdapat sejumlah hal yang perlu Anda ketahui agar komponen balkon tersebut semakin cantik untuk dipandang. Berikut ulasannya. 

Membuat Rancangan Denah 

Hal yang harus anda dahulukan pertama kali yaitu buatlah denah rumah sebaik mungkin. Tentukanlah di sudut manakah balkon rumah akan dibangun, manakah arah balkon yang Anda pilih serta bagaimana jalur aksesnya. Usahakan balkon memiliki penempatan yang proporsional sehingga dapat meningkatkan nilai estetika rumah anda. Sekedar saran, anda bisa memanfaatkan pemandangan terbaik untuk menentukan arah balkon dan hindari menghadap sinar matahari terbit dan terbenam secara langsung. 

Buatlah Ketentuan Ukuran 

Jika anda sudah menemukan lokasi yang tepat, maka Sudah saatnya anda menentukan ukuran balkon yang akan dibangun. Sejatinya balkon tidak memiliki ukuran baku secara khusus, sehingga Anda dapat mendirikannya sesuai dengan ketersediaan lahan. Kami menghimbau anda untuk membuat balkon yang lebarnya tidak kurang dari 1 meter agar para penghuni lebih lega dan ruangan menjadi lebih profesional, sementara untuk panjang balkon anda bisa berkreasi sendiri sesuai dengan denah rumah. 

Baca juga: Cara Memasang Pintu Frameless Kaca Tempered

Desain Railing Kaca Tempered 

Apabila anda sejak awal memang benar-benar berkeinginan untuk mendirikan balkon dengan komponen railing kaca tempered, maka anda harus menentukan wujud desainnya. Sebagaimana kita ketahui bahwa Railing kaca tersedia dalam beraneka ragam desain. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan maupun selera. Tidak ada salahnya jika Anda menggunakan kaca tempered polosan, ornamen atau buram. Anda juga bebas berkreasi menentukan bentuk dan ukuran frame yang akan digunakan nantinya. Bahkan, jika anda tidak tertarik dengan frame maka anda bisa menggunakan railing kaca tempered frameless. 

Konsultasikan Desain Balkon Dengan Ahlinya 

Apabila anda telah memiliki desain railing kaca yang cocok, maka Sudah saatnya anda berhak menghubungi ahli yang dapat melakukan assesment sekaligus memberikan rekomendasi pada balkon kaca tersebut. Konsultasikanlah dengan mereka terkait bagaimanakah kestabilan strukturnya, kekuatannya, perkiraan biayanya dan sisi keamanan balkon tersebut.