Cara Memasang Pintu  Frameless Kaca Tempered

Cara Memasang Pintu Frameless Kaca Tempered

Pintu kaca frameless yaitu salah satu jenis pintu kaca tempered yang tidak mengandalkan frame atau bingkai dari aluminium serta kayu pada daun pintunya. Daun pintu kaca ini dapat terdiri atas satu hingga dua daun dengan menerapkan material kaca tempered yang memiliki ketebalan 12mm. Diyakini dengan menggunakan kaca tempered setebal demikian maka kekuatan pintu akan terjamin dalam menjaga keamanan bangunan. 

Secara umum, pintu kaca frameless mengaplikasikan hardware yang terdiri atas handle pintu dengan floor hinges, patch fitting set dan pull handle. Memilih flooring berkualitas sangatlah penting karena dapat berfungsi sebagai penjaga stabilitas pintu. Hal ini dikarenakan daun pintu bersifat dinamis yang akan mengalami proses buka tutup secara terus-menerus dalam penggunaannya. 

Biasanya, pintu kaca frameless dipadukan dengan dinding partisi kaca tempered. Partisi kaca serta pintu kaca frameless banyak diterapkan sebagai pembatas ruang kerja atau rapat dengan area perkantoran. Adapun juga digunakan sebagai pembatas area toko dalam pusat perbelanjaan. 

Jenis kaca yang paling banyak diminati yaitu kaca bening (clear glass tempered). Apabila anda menginginkan adanya motif pada kaca, maka ada baiknya jika menggunakan sticker sandblast yang memiliki rancangan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Contohnya yaitu motif garis horizontal, garis vertikal serta pola-pola yang lainnya. 

Baca juga: 7 Keunggulan Kaca Tempered Yang Jarang Diketahui

Frameless yang terkenal dengan tampilan pemandangan interior luas dan lebar dari suatu ruangan menjadi tren yang kian digemari saat ini. Pintu kaca frameless dapat menjadi partisi antar ruang yang dapat diperpanjang, seperti halnya pada ruang manajer atau meeting. Desain pada pintu kaca ini serasi dalam menampilkan keindahan yang sempurna dari apa yang ada dalam seisi ruangan. Tidak perlu menggunakan ornamen yang melekat membuatnya seolah tanpa distorsi, sehingga tampilannya terlihat murni dan bersih. 

Cara Memasang Pintu Kaca Frameless

Proses instalasi atau pemasangan dari kaca frameless tidaklah Lepas dari yang disebut dengan floor hinge atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan engsel tanam. Usut punya usut, engsel inilah yang menjadi salah satu aksesoris sangat vital pada proses instalasi pintu kaca. Engsel tanam merupakan suatu komponen yang fungsinya sebagai sebuah pegangan pada pintu yang bertujuan agar pintu dapat dibuka dan ditutup dengan baik. 

Sebagaimana pada pintu kaca, di mana posisi dari engsel tanam tersebut berada di bagian bawah pintu dan tertanam pada lantai. Pada satu set engsel tanam, umumnya memiliki 2 komponen yang memegang pintu. Satu komponen terletak di bawah atau ditanam pada lantai, sementara satunya lagi diletakkan di bagian atas yang berfungsi sebagai penyeimbang dan ditanam pada pasangan bata tepatnya di atas pintu. 

Di bawah ini langkah-langkah instalasi engsel tanam 

  1. Langkah awal dalam instalasi engsel tanam ini adalah anda harus membobok lantai sebagaimana ukuran engsel tanam. Pastikan bentuknya sejajar dengan permukaan lantai. 
  2. Jarak yang direkomendasikan dari engsel tanam untuk menuju pada dinding yaitu kurang lebih 1 cm sampai 1,5 cm. Hal tersebut tak lain bertujuan agar pintu bisa dibuka dan ditutup secara proporsional. 
  3. Lanjut ke langkah berikutnya, saatnya anda beralih pada pemasangan dudukan engsel di bagian atas. Pastikan posisinya sesuai pada ukuran floor hinge, yaitu tegak lurus dengan floor hinge bawah. 
  4. Apabila engsel tanam atau floor hinge terpasang dengan baik, pada langkah berikutnya adalah pemasangan kaca pada engsel tanam tersebut.